Wednesday 15 March 2017

Gelar apakah FCBArb? - Arbitration


Gelar apakah FCBArb itu?

Dr. Junaedy Ganie

Seorang kolega dalam suatu pertemuan pada 9 Maret 2017 lalu bertanya kepada saya gelar apakah FCBArb dan bagaimana memperolehnya dan apa bedanya dengan MCIArb.

Secara kebetulan seorang kolega yang lain menulis dalam suatu media sosial beberapa hari kemudian sesuatu yang sepintas dapat diartikan seperti pandangan yang merendahkan terhadap arti gelar kualifikasi profesional. Terhadap pandangan tersebut saya mencoba meluruskan dengan mengatakan bahwa gelar kualifikasi profesional atau sertifikat keahlian yang dimiliki seseorang adalah suatu yang berharga dan sangat berarti bagi kemajuan karir atau keahlian pemegang gelar dan bagi kontribusi pemiliknya dalam dunia bisnis terkait sepanjang dapat dibuktikan bahwa sertifikasi yang dimilikinya mencerminkan kemampuan atau kompetensi yang bersangkutan. Ternyata yang dimaksudkannya adalah sama yaitu sebagai kritik terhadap situasi apabila sertifikat keahlian dikeluarkan lebih sekedar untuk keperluan pemenuhan persyaratan formal. Tentunya sertifikat demikian tidak akan memberikan pengaruh besar bagi kemajuan industri atau sektor terkait sebab yang diperlukan adalah keahlian, keterampilan yang sebenarnya yang bahkan nilainya dapat lebih tinggi dari sekedar pembuktian melalui perolehan sertifikat.

Menjawab pertanyaan kolega tersebut, saya memulai dengan mengatakan bahwa FCBArb adalah singkatan dari Fellow Chartered BANI Arbitrator. Gelar FCBArb merupakan gelar yang diberikan oleh BANI Arbitration Center kepada arbiter yang terdaftar di BANI yang telah terbukti kemampuannya dalam menangani berbagai jenis penyelesaian sengketa atau arbitrase yang diajukan ke BANI untuk diperiksa dan diputus sebagai putusan tingkat pertama dan terakhir dan mengikat Para Pihak. Selain itu, persyaratan pokok lainnya sesuai Surat Keputusan No. 10.006/I/SK-BANI/PA Tentang Perubahan Peraturan Tentang Sertifikasi Arbiter BANI tanggal 13 Januari 2002,  dan tidak mudah diperoleh adalah bahwa calon pemegang gelar tersebut telah terdaftar sebagai Arbiter di BANI sekurang-kurangnya selama 3 tahun, berpengalaman minimum sebanyak 10 kali bertindak sebagai Arbiter pada persidangan perkara arbitrase yang diselenggarakan BANI dan pernah menjadi Ketua Majelis Arbitrase di BANI sekurang-kurangnya 2 kali. Persyaratan ini bukan merupakan persyaratan yang mudah karena telah membuktikan kepercayaan masyarakat atas kompetensi, kredibilitas dan integritasnya disamping mencerminkan telah adanya kepercayaan yang tinggi diantara rekan sesama Arbiter kepada yang bersangkutan. Disamping itu, Arbiter yang bersangkutan telah membuat karya tulis tentang Arbitrase/ADR baik berupa buku, tesis/disertasi atau tulisan yang dimuat/diterbitkan minimum secara nasional. Persyaratan lainnya adalah bahwa Arbiter tersebut pernah menjadi pembicara/narasumber/panelis/instruktur dalam suatu seminar/pelatihan/workshop tentang Arbitrase/ADR. Dengan demikian, gelar FCBArb merupakan penghargaan yang diberikan lembaga arbitrase BANI atas kemampuan yang teruji dari arbiter-arbiter yang memperolehnya.

Gelar FCBArb bukan sesuatu yang bersifat permanen karena BANI Arbitration Center dapat menarik kembali pemberian gelar apabila dikemudian hari penerima penghargaan tersebut melakukan tindakan yang dianggap tercela menurut standar BANI Arbitration Center atau melakukan pelanggaran terhadap Kode Etik profesi Arbiter.

Lalu apa perbedaannya dengan MCIArb? Saya katakan bahwa gelar MCIArb merupakan suatu gelar kualifikasi profesional bergengsi yang diberikan oleh Chartered Institute of Arbitrators yang kantor pusat di London. Gelar profesi tersebut diperoleh melalui ujian tertulis dan wawancara yang juga tidak mudah. Terbukti terdapat sejumlah orang yang harus melaluinya berkali-kali. MCIArb merupakan singkatan dari Member of Chartered Institute of Arbitrators. MCIArb merupakan kualifikasi yang setingkat di atas Associate of Chartered Institute of Arbitrators (ACIArb). Melalui ujian, pemegang gelar MCIArb dapat meningkatkan kualifikasi profesi dalam bidang arbitrase menjadi Fellow of Chartered Institute of Arbitrators (FCIArb).

Jadi, gelar yang pertama merupakan penghargaan terhadap keahlian yang telah terbukti dalam jangka waktu yang panjang dan penghargaan dari sesama kolega seprofesi sementara yang kedua melalui ujian untuk membuktikan bahwa pengalaman yang dimiliki atau pengetahuan yang dimiliki telah diukur melalui suatu standar internasional dalam bidang arbitrase komersial.

Saya selalu memberi semangat kepada generasi muda untuk melengkapi diri dengan keahlian profesi dengan menempuh pendidikan sehingga dapat mencapai standar kemampuan yang teruji dan dapat membuktikannya dalam kehidupan nyata. Sebaliknya, bagi yang telah berpengalaman, tentunya akan lebih baik apabila memiliki gelar profesi yang dapat pula meningkatkan keyakinan publik dengan adanya pembuktian keahlian seseorang oleh lembaga pendidikan ternama dan adanya standar etika yang harus selalu dipatuhinya.

Jakarta, 15 March 2017 (updated 30 March 2017)

Dr. Junaedy Ganie

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu saya, semakin bodoh saja diri saya. Terima kasih ya pak sudah mau berbagi.

    ReplyDelete
  3. Malam Pak Doktor Junaedy
    Salam kenal dari saya Rony Sinaga. Saya mau tanya untuk ambil Certified Arbitrator International (MCIArb itu dimana ya?).
    Thanks

    ReplyDelete